Fish

Minggu, 21 April 2013

Pengertian Logika

Pengertian Logika
Secara etimologi , logika adalah istilah yang dibentuk  dari kata logikos  yang berasal dari kata benda logos. Kata logos berarti: sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal(fikiran), kata, atau ungkapan lewat bahasa. Kata logikos berarti mengenai sesuatu yang diutarakan , mengenai suatu pertimbangan akal, mengenai kata, mengenai percakapan atau yang berkenaan dengan ungkapan lewat bahasa . dengan demikian, dapatlah dikatakan bahwa logika adalah suatu pertimbangan akal atau pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.
Secara singkat dapat dikatakan logika adalah ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir lurus(tepat). Pada definisi diatas disinggung mengenai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan tentang pokok-pokok/hal-hal tertentu. Kumpulan ini merupakan suatu kesatuan yang sistematis serta memberikan penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan.  Logika merupakan ilmu pengetahuan dalam arti ini. Lapangan pengetahuan ini adalah azaz yang menentukan pemikiran yang lurus, tepat, logika menyelidiki, merumuskan dan menerapkan hukum-hukum yang harus dipatuhi. Logika juga merupakan keterampilan karena kaidah berpikir dalam logika juga diterapkan/dipraktekkan.
Definisi umumnya logika adalah cabang filsafat yang bersifat praktis berpangkal pada penalaran, dan sekaligus juga sebagai dasar filsafat dan sebagai sarana ilmu. Dengan fungsi sebagai dasar filsafat  dan sarana ilmu karena logika merupakan “Jembatan penghubung” antara filsafat dan ilmu, yang secara terminologis logika didefinisikan:  Teori tentang penyimpulan yang sah. Penyimpulan pada dasarnya bertitik tolak dari suatu pangkal-pikir tertentu, yang kemudian ditarik suatu  kesimpulan. Penyimpulan yang sah, artinya sesuai dengan pertimbangan akal dan runtut sehingga dapat diacak kembali yang sekaligus juga benar, yang berartidituntut kebenaran bentuk sesuai dengan isi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar